Kamis pukul 15.00 waktu cairo (30/10)
Dalam rangka memberikan penghargaan kepada Mahasiswa Indonesia yang berprestasi ini, PPMI bekerjasama dengan KBRI Cairo adakan PPMI academic awards 2008. Acara ini adalah sebagai pemberian anugerah serta apresiasi PPMI dan KBRI terhadap mahasiswa berprestasi tahun akademik 2007-2008. Bedanya dengan tahun-tahun sebelumnya PPMI Academic awards 2008 dihadiri oleh Grand Sheikh Al Azhar, Prof. Dr. Mohamed Sayyid Thantawi.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Mesir, A.M Fachir antara lain mengatakan bahwa ini adalah kesyukuran yang sangat mendalam, karena acara ‘Haflat el Najihin wa takrim el mutafawwiqin’ tahun ini selain dihadiri Grand Syaikh Al Azhar, juga karena prosentase kenaikan tingkat dan kelulusan mencapai angka yang belum pernah dicapai sebelumnya, yaitu 67%. Selain prosentase kenaikan dan kelulusan, peningkatan juga terjadi pada predikat kenaikan. Pada tahun ini yang meraih predikat Mumtaz (Istimewa) sebanyak 6 orang, sementara yang mencapai nilai Jayyid Jiddan (Baik Sekali) sebanyak 159 mahasiswa, dan yang meraih Jayyid (Baik) sebanyak 658 mahasiswa.

Sementara itu Grand Sheikh Al Azhar dalam tausiyah yang disampaikan dihadapan para mahasiswa berprestasi antara lain menegaskan prestasi di dalam belajar hanya didapat oleh mahasiswa yang sungguh-sungguh, dan itu tidak melihat apakah dari Indonesia, Mesir atau negara lain, siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berprestasi.

Dalam kesempatan pemberian pengharaan, PPMI mengumumkan para pemenang di dalam bidang akademik dari berbagai kelompok organisasi di Mesir, antara lain Organisasi Almamater terbaik diraih oleh Almaki (Alumni Madrasah Aliyah di Padang Panjang); Sementara Senat Mahasiswa Fakultas Syariah dinobatkan sebagai Senat Mahasiswa Terbaik di bidang Akademik; Adapun Dewan Pengurusa Daerah (DPD) PPMI yang terbaik adalah DPD-PPMI Zaqaziq dan Organisasi Kekeluargaan Terbaik adalah Keluarga Pelajar Jakarta (KPJ).
Setelah itu tibalah saatnya yang membuat hati para hadirin berdebar-debar, kenapa karena akan disebutkan beberapa orang yang masuk nominasi mahasiswa terbaik tahun 2008 ini, dari tiga orang yang masuk nominator akhirnya yang terpilih adalah saudara Nurman Bin Abdul Bakri, mahasiswa ini berasal dari batas kota Padang Pariaman. Beliau mendapatkan dua penghargaan :
Pertama sebagai mahasiswa terbaik Al-azhar mesir pada tingkat IV (terakhir), Kedua terpilih juga sebagai MASISIR OF THE YEAR – Mahasiswa Mesir terbaik dari ribuan mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Azhar Mesir. Diantara katagori penilaian adalah :

  1. Dari segi pendidikan, prestasi beliau tingkat I : Jayyid (baik), tkt III: Jayyid Jiddan (baik sekali), tkt II dan IV mumtaz (istimewa)
  2. Dari segi organisasi (walaupun beliau tidak terlibat langsung dalam organisasi tapi sering di undang sebagai pemateri pada acara PPMI, Almamater Almaki dan Pelajar Jakarta dll.
  3. Dari segi karya (tulisannya belum banyak tapi isinya sangat luar biasa -admin).

Dan Mahasiswi terbaik diraih oleh Dhorifah Niswah el Fida.

Malam Penghargaan Akademik yang diselenggarakan di Auditorium Pusatu Studi Ekonomi Islam Sholeh Abdullah Kamil Universitas Al Azhar ini dihadiri juga oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Slamet Sholeh, M.Ed, Pejabat Fungsi Protkons, Ketua-ketua organisasi mahasiswa di Mesir dan mahasiswa Indonesia di Mesir.